Selasa, 09 Oktober 2012

Melewati Masa Krisis Indentitas

          Banyak banget remaja yang kurang kenal sama dirinya sendiri. Khususnya pas mulai masuk masa purbertas. Purbertas adalah masa ketika seseorang  anak mengalami perubahan fisik, psikis dan pemandangan fungsi seksual. Masa purbertas biasanya dimulai pada usia 8-10 tahun dan berakhir kurang usia 15 tahun samapi 16 tahun. Pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan berlangsung cepat.
        Pada masa ini. remaja mengalami banyak perubahan  fisik, emosi, dan sosial. beberapa ciri atau tanda yang menyertai. Cowok akan mengalami mimpi basah for the first time, suara jadi rendah, dada tambah lebar dan tumbuh rambut di bagian-bagian tertentu, serta kumis. pada cewek pinggul tambah lebar, tumbuh rambut di sekitar ketiak. mengalami menstruasi. usia purbertas pada remaja juga ditandai dengan  mulai tertarik sama lawan jenis. Perubahan ini terjadi pada saat remaja.
       Nah, meskipun mau nggak mau perubahan itu pasti terjadi di masa purbertas, seringkali ada beberapa remaja atau anak muda nggak nyaman sama perubahan-perubahan ini. nggak sedikit yang bertanya mengapa kenapa dirinya berubah sangat drastis. Keadaan secara fisik berubah disertai emosi yang berubah pula. Kamu akan bertanya-tanya kenapa kamu ada di dunia ini. apa yang harus kamu lakukan dan ketakutan-ketakutan tertentu yang muncul karena kamu nggak tahu apa yang harus kamu perbuat selanjutnya. itulah yang dinamakan krisis indentitas yang dialami pada saat purbertas.
      Krisis indentita ini muncul karena ada tuntutan dari lingkunganmu untuk bersikap kaya orang dewasa tapi kamu merasa nggak bisa. kalo krisis ini nggak terlewati dengan baik. maka kamu akan terus menyadari mencari siapakah dirimu yang sebenarnya hingga dewasa kelak, Krisis ini seharusnya berakhir pas berusia 20 tahun awal. Pada masa ini kamu seharusnya sudah menemukan kemampuan dan bisa mengembangkan dengan baik pula.
     
Bersambung....!!!
     

1 komentar:

Silahkan berikan komentar anda di Postingan ini tanpa mengundang SARA dan Pornografi ^.^